Wednesday, May 20, 2015

apa pengertian affiliate/ afiliasi marketing?

Salah satu sisi internet marketing yang paling popular didunia, termasuk juga Indonesia yakni affiliate marketing. Apa sih sesungguhnya affiliate marketing itu?

Seseorang affiliate marketer bakal memperoleh komisi setiap saat mereka sukses membawa client pada satu usaha. Misalnya, saya mempromosikan satu product pada si A, saat si A beli product itu atas referensi saya, jadi yang memiliki product bakal berikan saya komisi demikian % atau demikian dollar/rupiah.

Affiliate marketing jadi sangatlah popular lantaran komisinya relatif semakin besar dibanding yang lain. Banyak affiliate marketer yang pendapatan perharinya beberapa ribu bahkan juga beberapa puluh ribu dollar.

Terdapat banyak jenis affiliate marketing, serta terdapat banyak cara yang bisa dikerjakan untuk menghadirkan client.


Beberapa jenis affiliate marketing
Affiliate marketing bukanlah yang memiliki product/layanan/software/aplikasi, kita cuma bertindak juga sebagai pemasar serta cuma dibayar waktu sukses mereferensikan product itu.

Di bawah ini sebagian jenis dari affiliate marketing :

Payment per lead
Payment per sale
Payment per install
Payment per call
Payment per lead bermakna kita memperoleh komisi waktu sukses mereferensikan calon client. Analogi simpelnya, saya mempromosikan toko pakaian X lalu waktu orang yang saya merekomendasikan masuk ke toko itu jadi saya memperoleh komisi.

Misal PPL umpamanya kita mencari client untuk registrasi, memasukkan e-mail, atau kredit card.

Payment per sale lebih khusus dibanding PPL, sesuai sama namanya kita memperoleh komisi saat orang yang kita merekomendasikan beli product. Misal PPS yang populer umpamanya Amazon & Clickbank.

Payment per install, kita memperoleh komisi setiap saat aplikasi/software yang kita merekomendasikan diinstall. Aplikasi ini dapat untuk computer atau smartphone. Bila mau saksikan dengan cara live, cobalah buka aplikasi Facebook di iOS atau Android. Umumnya banyak iklan untuk install aplikasi/game, ini salah satu misal PPI.

Payment per call di Indonesia tidak sering atau bahkan juga belum ada. Intinya kita memperoleh komisi setiap saat calon client lakukan panggilan telephone pada product yang kita merekomendasikan sepanjang minimum demikian menit.

Affiliate marketing kerap juga dimaksud CPA (Biaya per Action), janganlah bingung lantaran keduanya lebih kurang sama. Namun umumnya pemakaian arti affiliate marketing lebih ke penjualan, sesaat CPA untuk yang lain.

Bagaimana caranya jadi affiliate marketer?
Di mana saya dapat memperoleh product untuk di promosikan? Jawabannya, dengan daftarkan diri di Affiliate Network atau kerap jugadisebut CPA Network.

Ada beberapa ratus affiliate network bertebaran di internet. Pendaftaran di affiliate network agak rumit lantaran umumnya bakal di-review oleh manajernya, jadi tak instan serta terkadang perlu verifikasi telephone atau minimum chat di Skype.

Sebagian affiliate network yang popular untuk kelompok umum umpamanya MaxBounty, Neverblue, PeerFly, F5Media, ClickDealer, dan lain-lain. Untuk pemula, mendaftar di PeerFly paling gampang.

Ada pula yang spesial mobile umpamanya YeahMobi, Tapgerine, AppFlood dan lain-lain.

Saya tak mengulas panduan untuk di terima di affilate network di artikel ini, namun kelak saya bikin artikel sendiri.

Bagaimanakah mempromosikan Offer?
Product/service/aplikasi yang disiapkan di affiliate network ini kita sebut ‘offer’ atau tawaran.

Telah terang, untuk mempromosikan offer kita perlu menghadirkan orang banyak. Ada 2 cara paling umum untuk memperoleh traffic ; Free Traffic serta Paid Traffic.

Free Traffic
Free traffic bermakna kita memakai service gratisan seperti Google (SEO) atau YouTube atau social network untuk menghadirkan traffic.

Keuntungan paling besar dari free traffic yakni kita tak perlu banyak modal lantaran memakai service gratisan tadi. Minimum modal untuk bikin situs serta cost SEO bila outsource.

Free traffic direferensikan cuma untuk pemula yang belum mempunyai banyak modal untuk paid traffic. Lantaran meskipun free, namun ada kelemahannya.

Pertama, kita tergantung kepada pihak ketiga, Google umpamanya. Mengingat ganasnya up-date algoritma Google (Penguin, Panda), situs kita dapat setiap saat hilang dari permukaan. Bila peristiwa, pendapatan dari $1, 000 dapat segera drop jadi $0 dalam satu hari.

Ke-2, perlu saat. Me-ranking situs di Google hingga halaman 1 lewat cara yang aman perlu saat relatif lama. Bila telah tiba halaman 1 juga dapat dilempar lagi oleh Google meskipun lewat cara yang kita anggap ‘aman’.

Ketiga, bila cuma memakai Google, pendapatan yang kita peroleh terbatas. Affiliate marketer yang memiliki pengalaman nyaris sekalipun tak memakai Google lagi.

Namun bagaimanapun, free traffic terus dapat dipakai terlebih untuk yg tidak memakai modal banyak.

Paid Traffic
Paid traffic = advertisement (iklan).

Dari pada memakai tehnik SEO untuk hingga ke halaman satu Google dengan saat berbulan-bulan, pemakai Paid Traffic menggunakan Google AdWords agar dia dapat di halaman satu dalam waktu relatif cepat. Ini keuntungan pertama memakai jenis paid traffic.

AdWords di sini cuma salah satu media iklan, masih tetap terdapat beberapa lagi yang lain. Berarti, traffic kita tidak cuma dari Google namun dari beragam tempat lain. Potensi traffic yang dapat kita peroleh dari advertisement jauh melebihi free traffic.

Terdapat banyak hal yang butuh kita kerjakan untuk memakai paid traffic :

Mendaftar di ad network (telah terang)
Bikin design iklan, ada 2 type yang paling umum – text ad & banner ad
Bikin landing page, tak harus namun akhirnya bakal lebih bagus
Tracking, untuk tahu performa iklan kita butuh tracking tool
Inti dari paid traffic yang pasti kita mesti keluarkan cost lebih sedikit dari pada pendapatan yang kita terima.

Umpamanya, saya keluarkan cost $10 untuk menempatkan iklan, dari iklan ini saya memperoleh pendapatan $15, berarti keuntungan dari iklan ini $5. ROI (Return of Investment) dari iklan ini yaitu ($5/$15) *100% = +33. 33%

Memanglah memperoleh ROI positif tak instan tetapi lewat analisa-analisa, namun saat telah ROI positif kita dapat tingkatkan pendapatan berlipat-ganda. Umpamanya dari hasil diatas saya mengeluarkan $1000 untuk iklan dalam satu hari jadi pendapatan saya $1500 atau keuntungan $500 /hari.

Bicara memanglah lebih gampang dari pada lakukan, namun skenario diatas sangatlah mungkin saja untuk dikerjakan.

Untuk pemula, dianjurkan untuk mempunyai modal minimum $1000-$2000 untuk mengawali. Modal ini mesti direlakan untuk hilang tanpa ada pendapatan sepeserpun, antisipasi kemungkinan terburuk.

Dari modal awal ini kita bakal pelajari bagaimanakah membaca data serta bagaimanakah karakter data yang kita peroleh. Hingga kita dapat membuahkan ROI positif nantinya.

Kelompok Pasar Affiliate Marketing
Saat sebelum mengawali jadi seseorang affiliate marketer, sebaiknya kita memahami dengan kategori-kategori pasar yang ada, umumnya desebut Verticals (atau terkadang Niche).

Umumnya seseorang affiliate marketer cuma konsentrasi di satu vertikal yang paling menarik untuk dia.

Baiknya memanglah kita konsentrasi di salah satu vertikal saja, lantaran kita perlu tahu offer mana yang popular, trend apa yang tengah baik, karakter pasar seperti apa. Bila kita konsentrasi di banyak vertikal, informasi yang butuh kita serap terlampau banyak.

Di bawah ini sebagian vertikal atau kelompok pasar affiliate marketing yang popular (tak diurutkan). Tentukan salah satu yang menarik ketertarikan anda :

Weight loss
Fitness
Biz-opp (business opportunity)
Insurance
Dating
Adult
Skin care, health, & beauty
Gaming
Mobile ; app install & contents
Finance
Giveaways/Freebies/Sweepstakes
Ada banyak lagi yg yang lain, sedetailnya ada di semasing affiliate network.

Tentukan salah satu kelompok di mana anda mempunyai passion, ketertarikan, atau mempunyai pengetahuan lebih di banding yang lain.

Penutup
Secara singkat, untuk mengawali jadi affiliate marketer, yang butuh dikerjakan yaitu mendaftar di affiliate network, mendaftar di ad network (bila memakai paid traffic), pilih vertical, pilih offer, bikin landing page & banner/text ad, serta pada akhirnya menganalisa hingga ROI positif.

Lantaran saya sendiri seseorang affiliate marketer dengan paid traffic, jadi di situs (blog) ini bakal banyak mengulas perihal affiliate marketere dengan paid traffic dari pada free traffic.

Juga sebagai affiliate marketer, janganlah yakin dengan omong kosong membuahkan beberapa ribu dollar dalam waktu relatif cepat. Memakai free traffic maupun paid traffic, seluruhnya memerlukan saat (serta cost).

Internet marketing serta affiliate marketing bukanlah untuk dikira sepele tetapi mesti diperlakukan seperti usaha biasanya.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . my DOLLAR - Posts · Comments
Theme Template by PEPAYA-BOYOLALI · Powered by Blogger